Siapa nih yang terkadang sudah nambahin list di file .gitignore tapi tetep nggak jadi ? sudah-sudah…. sudahi pusingmu kalo sudah baca coretan ini ya.

Suatu saat saya menambahkan list baru di .gitignore namun nggak ngefek sama sekali ke repository, usut punya usut ternyata hal tersebut terjadi karena efek dari cached dari gitnya so… solusinya adalah remove cached file tersebut.

Bagaimana caranya ?? berikut ya :

git rm --cached filename

remove git cached diatas berdasarkan nama file. Wahh… kelamaan bang, saya mau satu folder bisa ?? pasti dong insinyur git itu jago-jago, dah tau kebutuhan kita hehe… berikut ya :

git rm -r --cached  directory_name

Terimakasih,

--

--

Sebenarnya sudah ada berapa worker yang run di daemon saya ? wahh.. jangan” ada task worker sama running 2x nih, mungkin ini sederhana tapi harus diperhatikan jangan sampai ada race condition apalagi malah membebani memori pada server. Berikut cara melihat list worker yang berjalan di background :

  1. ps -ef | grep artisan
  2. kill <pid>

Pada langkah pertama ps -efadalah command untuk melihat semua task list yang berjalan, kemudian | grep artisan adalah command untuk memilah hanya command yang ada artisan nya yang akan di tangkap ( karena saya implementasi di laravel ). Kemudian kill <pid> adalah command untuk meng-kill proses tersebut.

Terimakasih,

--

--

Entah kenapa pgadmin4 saya sering timeout sendiri ketika diatas 10 menit, saya menggunakan pgadmin4 platform web dengan OS fedora 34. Pertama temen” harus lakuin adalah merestart httpd nya kemudian me-reload firewall cmd nya ya, berikut command nya :

  1. sudo systemctl restart httpd
  2. sudo firewall-cmd — reload

Terimakasih

--

--

  1. Git submodule ( for updating new submodule repository ) :
git submodule foreach git pull origin main

Don’t forget to re-commit main repo.

2. Git removing submodule repository

  • Delete the section referring to the submodule from the .gitmodules file
  • Stage the changes via git add .gitmodules
  • Delete the relevant section of the submodule from .git/config.
  • Run git rm --cached path_to_submodule (no trailing slash)
  • Run rm -rf .git/modules/path_to_submodule
  • Commit the changes with ```git commit -m “Removed submodule “
  • Delete the now untracked submodule files rm -rf path_to_submodule

--

--

Mengirim email tidaklah rumit. Laravel menyediakan API email yang bersih dan sederhana yang diberdayakan oleh perpustakaan SwiftMailer yang populer. Laravel dan SwiftMailer menyediakan driver untuk mengirim email melalui SMTP, Mailgun, Postmark, Amazon SES, dan sendmail, memungkinkan kita untuk segera mulai mengirim email melalui layanan berbasis cloud atau lokal yang kita pilih.

namun apa saja komponen yang dapat kita pakai dengan markdown ini ? berikut adalah link referensi mengenai list komponen markdown yang dapat kita gunakan dengan mudah ketika membuat fitur mailing

https://sam-ngu.medium.com/laravel-mail-markdown-components-list-293fbca048f

Terimakasih,

--

--

queue work laravel

wahwahwah… ini kok nggak berhenti yah wkwkw, padahal commandnya sudah bener “ php artisan queue:work”, tapi kok nggak berhenti ?

bukan salah di laravelnya, tapi coba deh pake command yang ini…

--

--